BERITA


Bupati Pandeglang Buka Seminar Publik dan Lokakarya Peran Fungsi Review PNPM Mandiri Perkotaan


Pelaksanaan Semiloka PNPM Mandiri Perkotaan adalah kewajiban bagi kabupaten/kota yang telah melaksanakan program P2KP, oleh karena itu kabupaten Pandeglang semenjak tahun 1999 sudah diintervensi oleh program P2KP, dan pada tahun 2007 secara resmi program ini berubah nama menjadi PNPM Mandiri Perkotaan. Sampai saat ini terdapat 38 BKM yang sudah terbentuk di Kabupaten Pandeglang semenjak tahun 1999 sampai sekarang.  Dari 38 BKM tersebut 18 diantaranya masih di dampingi oleh PNPM Mandiri Perkotaan sampai sekarang ( Th.2010), Pelaksanaan Semiloka PNPM Mandiri Perkotaan di Pandeglang diselenggarakan oleh Korkot dan BAPPEDA Pandeglang (TKPP), untuk menjamin kualitas pelaksanaan Semiloka tersebut TA-CB secara penuh melaksanakan asistensi, pengendalian sekaligus moitoring sejak proses awal sampai dengan berahirnya pelaksanaan Semiloka, Sedangkan Output Semiloka yang merupakan kesepakatan bersama peserta dan selanjutnya menjadi rekomendasi bagi pihak –pihak terkait para pengambil kebijakan di kabupaten Pandeglang.

  
Seminar dan lokakarya Review Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan dan P2KP Advanced bagi keberlanjutan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pandeglang ini, merupakan kegiatan yang penting dan strategis bagi tercapainya efektifitas pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pandeglang. Dinilai penting, karena dengan kegiatan Semiloka ini diharapkan dapat terbangun persepsi yang sama terhadap program penanggulangan kemiskinan baik dalam konteks konsep dasar, strategi dan peran serta masing-masing pihak dalam mengawal keberlanjutan program. Dinilai strategis, mengingat peserta berasal dari berbagai kalangan dengan beragam kapasitas pengetahuan, latar belakang institusi serta kedudukan yang beragam, sehingga diharapkan dapat mendorong terjadinya sinergi dan networking antar pelaku penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pandeglang, Berikut isi butir-butir rekomendasi Semiloka PNPM Mandiri Perkotaan & P2KP advanced, yaitu :
  1. Para pelaku stakeholder sepakat bahwa proses kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan dan PAKET di Kabupaten Pandeglang adalah model yang tepat dalam memberdayakan masyarakat, maka harus tetap dilanjutkan ditahun 2010, dan diharapkan pemda untuk dapat menanggarkan dana untuk reflikasi program PAKET atau sejenisnya mengingat program PAKET di Pandeglang sudah tahap akhir.
  2. Untuk melakukan koordinasi antara kelembagaan yang ada BKM dengan kelurahan setempat.
  3. Sebagai bentuk transparansi maka diharapkan BKM membuat media warga yang bisa dijadikan sebagai alat untuk melakukan transparansi, Ditingkatan BKM dan masyarakat perlu adanya pusat informasi sekaligus menjadi pusat aspirasi masyarakat yang dikelola dengan rasa ikhlas dan penuh kejujuran. Perlu terus dikembangkan terus terhadap pemahaman PNPM MP dan PAKET kesemua stake holder sehingga didapat kesamaan persepsi.
  4. Harus dilegalkan dan berkekuatan hukum dari Pemda tentang integrasi PJM yang ada di BKM untuk menjadi bahan acuan pembangunan di desa dan kelurahan wilayahnya.
  5. Adanya kekuatan hukum bahwa PJM Pronangkis BKM menjadi acuan para SKPD dalam menyusun anggran tahun berikutnya.
  6. BKM diharapkan melakukan proses loby dan negoisasi kepada pihak terkait sehingga PJM yang telah tersusun secara efektif dapat diakomodir pada kegiatan APBD dan pihak ketiga melalui kemitraan.
  7. Perlu diupayakan anggaran APBD untuk program pemberdayaan khusunya untuk tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar